PENGERTIAN TARI - Raka Rizky R

PENGERTIAN TARI
      Seni tari merupakan salah satu budaya yang khas bagi Indonesia, karena Indonesia mempunyai berbagai macam seni tari dari berbagai daerah. Oleh karena itu marilah kita lestarikan kebudayaan yang telah turun temurun terjaga dengan baik. Pada kesempatan kali ini disni akan mengulas tentang pengertian seni tari dimata para ahli. Marilah simak definisi yang dijabarkan oleh para ahli dari dalam negeri maupun luar negeri.

 1. DALAM NEGERI

a. Drs. I Gede Ardika
      Menurut Drs. I Gede Ardika mendefinisikan bahwa seni tari ialah sesuatu yang bisa.  disatukan ke dalam berbagai hal sehingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskannya menurut cara pandang nya masing-masing.

b. S. Humardani
      Menurut S. Humardani mendefinisikan seni tari yaitu sebuah ungkapan bentuk-bentuk gerak ekspresif yang indah dan ritmis.

c. K M A Theodora Retno Maruh
      Menurut K M A Theodora Retno Maruh mendefinisikan bahwa seni tari ialah suatu kesenian yang tidak akan pernah mempunyai sifat kontemporer, baik yang pernah terlupakan sekalipun.

d. Soedarsono
      Menurut Soedarsono menyatakan bahwa seni tari ialah sebuah ekspresi jiwa manusia yang melalui gerak-gerak yang indah dan ritmis.

2. LUAR NEGERI

a. Aristoteles
      Menurut Aristoteles menyatakan bahwa seni tari yaitu sebuah gerakan ritmis yang mempunyai tujuan untuk menghadirkan sebuah karakter manusia, yang sebagaimana mereka bertindak dan menderita.

b. Hawkins
      Menurut Hawkins mendefinisikan bahwa seni tari yaitu suatu ekspresi perasaan manusia yang diubah ke dalam sebuah imajinasi ke dalam bentuk media gerak yang sehingga gerak yang simbolis tersebut sebagai ungkapan si penciptanya.

c. C. Sachs
      Menurut C. Sachs mendefinisikan bahwa seni tari yaitu suatu pengucapan jiwa manusia yang melalui gerak-geri berirama yang indah. Dalam kebudayaan melayu terdapat berbagai jenis tarian, dan ada tarian asli maupun tarian yang sudah dipengaruhi oleh unsur – unsur modern.

d. Andre Levinson
      Andre Levinson mendefinisikan bahwa seni tari ialah suatu gerak tubuh yang berkesinambungan yang melewati ruang yang telah ditentukan yang sesuai dengan ritme tertentu serta mekanisme, yang radar.
      Seni tari merupakan salah satu kesenian yang harus dijaga dan dilestarikan untuk menjaga kebudayaan Indonesia. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi kalian. Sekian dan terimakasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS JENIS TARI

RAGAM GERAK TARI GAMBIR ANOM DAN DOLALAK